Home / Kepentingan Wanita

Senin, 16 Januari 2023 - 11:09 WIB

Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Menyiksa

Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Menyiksa, Seringkali banyak orang tak sanggup mengikuti program diet. Ini mungkin disebabkan karena merasa kurang cocok dengan pemilihan makanan yang disarankan sehingga menjalankan diet terasa sangat menyiksa. Namun kini ada beberapa trik diet yang diklaim ampuh menurunkan berat badan tanpa membuat Anda sengsara.

Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Menyiksa

Berikut adalah cara menurunkan berat badan tanpa diet menyiksa yang harus kalian ketahui.

1. Perbaiki Pola Pikir

Pola pikir yang Anda miliki bisa memengaruhi kesuksesan diet Anda. Pastikan Anda memahami bahwa memiliki tubuh sehat lebih penting daripada tubuh langsing. Atur mindset Anda bahwa menjalani hidup sehat adalah investasi jangka panjang. Sehingga, Anda bisa berkomitmen untuk menjalani pola hidup sehat yang berkelanjutan.

2. Terapkan Pola Makan Teratur

Pola makan yang tidak teratur akan membuat Anda lebih cepat lapar dan makan secara berlebihan. Contohnya ketika Anda melewatkan sarapan, Anda akan merasa cepat lapar dan ingin makan lebih banyak di siang hari karena membuat tubuh kurang bertenaga saat menjalani aktivitas.

Oleh karena itu, biasakan untuk makan secara teratur sebanyak tiga kali sehari pada pagi hari, siang hari dan malam hari. Di sela-sela waktu tersebut, Anda bisa mengonsumsi camilan sehat atau buah-buahan agar tidak makan secara berlebihan di jam-jam makan berat.

3. Perbanyak konsumsi protein

Kandungan protein pada makanan memiliki efek kuat untuk meningkatkan perasaan kenyang, mengurangi rasa lapar dan membantu Anda untuk makan lebih sedikit kalori. Ini bisa jadi dikarenakan protein mengandung hormon yang berperan pada rasa lapar dan kenyang. Hormon tersebut termasuk ghrelin dan GLP-1.

Baca Juga  Latihan Peledakan Lemak 7 Menit yang Akan Mengencangkan Seluruh Tubuh

Jadi, jika Anda terlalu banyak makan makanan yang tinggi kalori berisi lemak jenuh, lebih baik pertimbangkan untuk beralih ke makanan yang kaya akan kandungan proteinnya.

4. Lakukan peregangan rutin

Olahraga secara rutin, meskipun ringan, akan membantu Anda mendapatkan tubuh yang bugar. Pilih olahraga yang Anda sukai dan lakukan secara rutin, misalnya 10-15 menit sehari. Jika Anda memiliki kondisi medis tertentu, silahkan konsultasikan terlebih dahulu ke dokter untuk mengetahui jenis olahraga yang cocok dan aman.

5. Tidur Cukup

Kurang tidur juga bisa memicu produksi ghrelin, hormon yang menimbulkan rasa lapar. Maka dari itu, jika Anda sedang menurunkan berat badan, sangat disarankan untuk mencukupi waktu tidur, yakni 7-8 jam per hari agar berat badan tetap terkontrol.

6. Hindari Stres

Ketika stres, seseorang akan cenderung lebih banyak makan karena tubuh memproduksi hormon kortisol yang mampu meningkatkan nafsu makan. Biasanya, makanan yang dikonsumsi ketika stres adalah makanan-makanan yang tidak sehat. Jika Anda dalam kondisi stres, atasi dengan melakukan kegiatan yang disukai, seperti mendengarkan musik atau melakukan meditasi dan yoga.

7. Makan di piring kecil

Makan dengan menggunakan piring kecil mampu membantu Anda untuk merasa cukup ketika makan pada porsi yang pas. Secara tidak sadar, Anda menganggap bahwa makanan yang ada di piring kecil tersebut terlihat lebih banyak dibandingkan jika menggunakan piring besar. Secara tidak langsung, makan menggunakan piring kecil ini menjadi faktor pendukung untuk bantu meratakan perut buncit.

8. Perbanyak Konsumsi Serat

Makanan yang mengandung serat tinggi mampu membantu tubuh merasa kenyang lebih lama. Salah satu jenis serat adalah serat larut, yang mampu membentuk gel ketika bertemu dengan air. Gel ini nantinya akan meningkatkan waktu untuk menyerap nutrisi dan memperlambat pencernaan. Sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama.

Baca Juga  6 Alasan Anda Bisa Berjuang Untuk Hamil Dengan PCOS &

9. Jangan Lewatkan Waktu makan

Diet bukan berarti Anda harus melewatkan makan atau sengaja tidak makan. Ketika ingin menurunkan berat badan, maka Anda harus tetap makan sesuai jadwal. Justru, melewatkan waktu makan akan berakibat buruk bagi kesehatan tubuh dan mengundang rasa lapar berlebih.

10. Kurangi makanan berlemak

Hindari mengonsumsi lemak jenuh apalagi di pagi hari karena akan membuat Anda menjadi cepat lapar dan mudah lelah. Anda bisa mencari tahu makanan yang mengandung lemak baik dan cocok untuk dijadikan menu sarapan sehat, seperti oatmeal, buah, yoghurt dan lainnya.

11. Kurangi Asupan Gula dan Junk Food

Gula mengandung kalori yang sangat tinggi sehingga tidak cocok untuk dikonsumsi ketika Anda sedang menurunkan berat badan. Selain itu, mengonsumsi gula secara berlebih dapat mengganggu kesehatan tubuh. Anda juga harus mengurangi makanan-makanan junk food karena mengandung lemak jenuh.

12. Banyak minum air putih

Normalnya, tubuh manusia terdiri dari 60% air. Ini berarti, air berperan penting bagi fungsi tubuh. itulah mengapa Anda tidak boleh membiarkan tubuh dehidrasi. Pastikan tubuh terhidrasi dengan baik agar bisa berfungsi dengan baik untuk membakar lemak tubuh. Minum air putih bisa menekan nafsu makan dan meningkatkan sistem metabolisme. Maka dari itu, disarankan untuk meminum air putih terlebih dahulu sebelum Anda mulai makan.

Nah, itulah cara menurunkan berat badan tanpa diet menyiksa yang harus kalian ketahui. Khususnya para wanita yang ingin melakukan program diet. Semoga Bermanfaat!

Share :

Baca Juga

http://oyisam.co.id

Kepentingan Wanita

Dampak Berpakaian Terlalu Seksi di Tempat Kerja

Kepentingan Wanita

Toyota Corolla Cross Hybrid Adalah Mobil Impian Kami

Kepentingan Wanita

Fashion Wanita Di Tempat Kerja
Sumber Daya Alam

Kepentingan Wanita

Perempuan dan Akses Sumber Daya Alam di NTT

Kepentingan Wanita

Latihan Sirkuit Cardio Ini Sempurna Saat Anda Pendek

Kepentingan Wanita

Ulasan Pakaian Pacar Lucu

Kepentingan Wanita

Latihan Peledakan Lemak 7 Menit yang Akan Mengencangkan Seluruh Tubuh
Saat Ibu Rumah Tangga

Kepentingan Wanita

Saat Ibu Rumah Tangga (dan lainnya) Putus Asa